Jumat, 08 Januari 2021

Cara Keren Menjadi Operator Layar Suatu Acara/Event menggunakan OBS STUDIO

 

Halo kawan Alfatutorial!

Walaupun dulu saya sempat membahas OBS STUDIO APLIKASI PEREKAM DESKTOP TANPA NGELAG , ga ada salahnya kan kalau Admin ingin membahas Software OBS STUDIO lagi karena Admin juga baru kalau OBS STUDIO ini punya fitur yang lebih keren selain merekam desktop. Admin juga baru tau hal tersebut sejak Pandemi ini dimana semua aktivitas seperti webinar dll dilakukan via online/videocall.

Pada artikel kali ini, admin akan membahas fitur lain yang dimiliki oleh OBS STUDIO menurut pengamatan Admin. Yaitu untuk Media/Scene Organizer untuk Presentasi di Projector. Kalau sebagai Desktop Recorder, kalian bisa baca di artikel pada link di atas ya.

Media Organizer / Pengatur Media yang akan ditampilkan di Projector

Pernahkah kalian menjadi operator di suatu acara/event? Baik di sekolah, kampus atau di kantor kalian? Mungkin bagi kalian yang pernah/sering menjadi operator layar / proyektor sedikit banyak sudah tahu dengan fitur Extended Screen di Windows kan?

Bagi yang belum tahu, Extended Screen sendiri merupakan fitur bawaan yang memungkinkan kita memiliki screen tambahan/screen yang berbeda pada layar proyektor dengan tampilan di layar utama PC/Laptop kalian. Mungkin hanya dengan extended ini kalian sudah terlihat keren, karena di layar proyektor kalian bisa menampilkan bahan paparan nya misal video atau presentasi Powerpoint, dan di layar Laptop kalian kalian membuka aplikasi lain.

Tapi menurut pengalaman Admin sendiri, fitur tersebut juga masih memiliki kekurangan, yaitu ketika memutar video. Ketika ingin berganti misal dari power point ke video, atau dari video pertama ke video lain, kita harus menggeser/mendrag windows video playernya ke screen projector dan menekan tombol fullscreen dan play terlebih dahulu. Menurut admin hal tersebut kurang keren karena kurang seamless. Agar perpindahan antar medianya bisa lebih seamless, admin menyarankan untuk menggunakan OBS STUDIO sebagai video/media organizernya.

Gambar di atas merupakan tampilan dari Aplikasi OBS STUDIO ketika mengaktifkan Studio Mode. Bisa dilihat di bagian yang Admin lingkari warna merah, di situ merupakan daftar Scene yang berisi video/media yang ingin dipaparkan. Jadi akan lebih mudah ketika ingin berganti video/media. Pada dua kotak besar di tengah, Kotak "Program" merupakan yang akan tampil di layar proyektor. Dan yang kotak "Preview" merupakan tampilan dari video/media selanjutnya yang sedang kita siapkan untuk ditampilkan, bisa diibaratkan sebagai backstagenya.

TATA CARA MENYUSUN MEDIA/VIDEO YANG INGIN DITAMPILKAN

Untuk memulai menggunakan OBS STUDIO sebagai media organizer pada proyektor, caranya mudah banget kok. Pertama tentunya kalian harus menyiapkan bahan-bahannya.

  1. Klik icon Plus/Tambah (+) pada kolom Scene untuk membuat Scene baru, namai sesuai keperluan
  2. Kemudian, di dalam scene yang telah dibuat tersebut kalian bisa langsung drag & drop media/video yang ingin ditampilkan ke kolom "Sources" atau bisa juga klik icon Plus/Tambah (+) pada kolom Sources. Media/file yang bisa dimasukkan bisa berupa video, foto, tangkapan layar suatu aplikasi spesifik, ahkan bisa memasukkan video transparan (Video with alpha layer).

Setelah semua bahan siap, saatnya setting OBS nya.

  1. Colokkan sambungan HDMI/VGA projector ke laptop/pc kalian
  2. Ubah settingan layar ke extended screen (Tekan tombol Windows dan P)
  3. Pada aplikasi OBS, klik tombol "Studio Mode" di pojok kanan agak bawah untuk mengaktifkan Studio Mode (Agar ada dua kotak besar di tampilan OBS kalian seperti ilustrasi di awal tadi)
  4. Kemudian, kalian klik kanan di kotak tampilan "Program" > Fullscreen Projector (Program) > Pilih layar kedua/projector kalian, di contoh gambar di bawah ini, Admin menggunakan TV sebagai monitor kedua dari laptop.
 
  • Untuk berganti ke scene lain, kalian cukup klik Scene yang ingin kalian tampilkan, lalu akan muncul di kotak tampilan preview, kemudian untuk memunculkan di layar, kalian bisa klik tombol "Transition" yang berada di antara kotak tampilan preview dan program

  • Agar audio/suara dari video yang ditampilkan bisa keluar ke speaker, kalian perlu mengatur monitor outputnya terlebih dahulu. Klik icon gear pada judul video seperti gambar di bawah ini
 
 
  • Kemudian klik "Advanced Audio Property"
  • Kemudian kalian klik tombol "Monitor Off" pada file judul video kalian, di sini video Admin berjudul Media Source 3. Maka klik tombol monitor off pada media source 3, kemudian pilih "Monitor and Output"
 

 

Sudah deh, sekarang kalian bisa mengoperasikan Projector dengan seamless karena tidak perlu lagi men drag n drop video player ke layar extended.


 Semoga bermanfaat!

TAGS : #OBSSTUDIO #VMIX #DownloadOBSStudio



Share:

0 Comment:

Posting Komentar

Anda Pengunjung Ke

Featured post

Whatsapp Bulk Message : Aplikasi Untuk Whatsapp Blast ke Banyak Kontak (100% Works)

 Halo Kawan Alfatutorial! Nggak kerasa ya kalau hari ini udah tahun 2021 aja, padahal di 2020 Alfatutorial baru sedikit ngepost. Pada kesemp...

Diberdayakan oleh Blogger.

Live Traffic

Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Blog Archive