Friday, 31 January 2020

Tata Cara Mengunjungi Perpusnas!



Kembali lagi bersama admin nih kawan Alfatutorial! Terkadang di saat-saat gabut, admin beberapa kali kepikiran untuk baca-baca buku nih baik fiksi ataupun nonfiksi. Tapi harga buku baru di toko buku lumayan menguras kantong juga hehe, jadi saja admin tiba-tiba kepikiran satu ide agar kita bisa tetap membaca buku tapi kita tidak harus membelinya. Yaitu dengan cara pergi ke perpustakaan. Perpustakaan merupakan jawaban yang tepat atas keresahan admin yang ingin membaca buku tapi harga buku lumayan menguras kantong admin. Kita bisa meminjam buku apa saja secara gratis. Paling kita hanya diperlukan untuk membuat kartu tanda anggota terlebih dahulu.  Admin yakin hampir di tiap kota/kabupaten pasti tersedia perpustakaan daerah. Seperti di daerah admin sini, walaupun hanya kabupaten kecil di pesisir utara jawa, tapi pemerintah daerah tetap bisa menyediakan perpustakaan daerah loh agar tingkat literasi masyarakatnya meningkat.

Nah kali ini admin bukan hanya ingin membahas soal perpustakaan daerah, tetapi perpustakaan dengan skala yang lebih besar, yaitu Perpustakaan Nasional atau banyak orang menyebutnya Perpusnas. Perpustakaan Nasional ini terletak di Jakarta dan gedungnya besar dan bagus sekali. Gedungnya terdiri dari 24 lantai kalau tidak salah. Pastinya Perpusnas memiliki koleksi bacaan yang lengkap. Admin pernah beberapa kali mengunjungi Perpusnas untuk mencari data terkait Tugas Akhir admin sebagai mahasiswa.  

Lokasi Perpustakaan Nasional dan Cara Menuju Ke sana

Bagi yang belum tahu Perpusnas itu ada di mana, gampang banget kok. Tinggal googling hehe. Tapi gapapa admin akan kasih tau juga di sini. Jadi Perpusnas itu berada di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakara Pusat. Persisnya ada di depan monas. Ya gak di depan juga, jadi di sekitar sekelilingnya monas. 

Lalu untuk sampai ke Perpusnas, admin kasih tau dengan 3 cara nih :
  • Jika kalian naik KRL yang tidak ingin banyak transitnya, menurut admin kalian cukup naik KRL sampi di Stasiun Tanah Abang saja dan melanjutkan ke perpusnas memakai Ojek Online. Gak terlalu mahal kok. Apalagi kalau lagi ada promo. 
  • Jika kalian commuters sejati, dan ingin agar ojek onlinenya agak sedikit lebih murah karena jaraknya gak terlalu jauh, kalian bisa naik KRL sampai Stasiun Gondangdia, lalu jalan ke Perpusnas dengan waktu tempuh kira-kira sekitar 15 menit, atau bisa juga tetap naik ojek online dari stasiun Gondangdia. 
  • Ini merupakan opsi dengan titik akhir yang paling dekat dengan Perpusnas. Naik bus hehe. Jadi di depan Perpusnas ini ada halte bus. Jadi kalian bisa naik bus dari lokasi masing-masing dan turun di Halte Perpusnas, atau Halte Balaikota. Dari situ tingal jalan sedikit karena sudah sangat dekat dengan Perpusnas. Nah nomor bus yang berhenti di Halte Perpusnas adalah sebagai berikut : 1A, 1P, 1R, 5M, 15, 502, GR1, R507 (sumber: Google Maps)

Alur Masuk Perpusnas dan Tata Cara masuk Perpusnas

  1. Pertama, saat kita masuk ke Perpusnas, kita harus menitipkan tas kita di loker. Kita akan diberikan sebuah goodie bag bening untuk membawa barang-barang seperti dompet, smartphone, charger, dan laptop jika kita membawa laptop.
  2.  Lalu kita akan naik ke lantai dua. Nah di lantai ini, bagi yang pertama kali mengunjungi Perpusnas dan belum memiliki Kartu Anggota, kalian harus membuat Kartu Anggota terlebih dahulu. Di bagian pendaftaran, tersedia banyak komputer yang bisa kita gunakan untuk mendaftar. Caranya gampang banget, pada komputer yang tersedia, kita harus mengisi data berupa identitas. Lalu, akan keluar kertas berupa antrean untuk foto dan pencetakan kartu. Jika nomor kita telah dipanggil, langsung menuju ke bagian ambil foto. Lalu kita akan difoto untuk foto di KTA kita, dan tidak lama kemudian kartunya langsung jadi. Gak lama kok.
  3. Terakhir, dari lantai 2, kita bisa langsung naik ke lantai berikutnya. Di setiap lantai disediakan komputer yang berfungsi sebagai daftar katalog untuk mencari buku. Jadi bagi yang sudah tahu ingin mencari buku apa, kita bisa langsung mencari buku yang hendak kita pinjam. Karena beberapa buku yang kita pinjam bisa berada di lantai yang berbeda. Setelah menemukan bukunya di list di dalam komputer, kita bisa mengeprint kertas yang berfungsi sebagai pemanggil buku yang akan kita pinjam.
  4. Setelah dapat semua buku yang hendak kita pinjam, kita lihat di kertas tadi, setiap buku bisa jadi berada di lantai yang berbeda. Jadi kita harus naik menggunakan lift menuju lantai tempat buku tersebut berada. Jadi, ada dua tipe sistem untuk baca bukunya. Ada lantai yang bukunya tersimpan di dalam ruangan tertutup, sehingga untuk meminjam buku tersebut, kita hanya menyerahkan kertas tadi kepada petugas, dan petugas akan mencarikan buku tersebut untuk kita. Kedua, ada yang sistemnya seperti perpustakaan pada umumnya, yaitu bukunya tersimpan di rak-rak buku sesuai indeksnya dan kita harus mencarinya sendiri.

*Perlu diperhatikan juga bahwa tidak semua buku bisa kita pinjam untuk bawa pulang, ada yang hanya tersedia untuk dibaca di tempat.  

Selain untuk membaca buku, di beberapa lantai di Perpusnas juga sangat nyaman dan cozy untuk digunakan sebagai tempat mengerjakan tugas. Banyak meja panjang dengan tempat duduk yang nyaman. Tak lupa juga pastinya tersedia stopkontak untuk mengecharge laptop. Pokoknya nyaman deh.
Share:

0 Comment:

Post a comment

Anda Pengunjung Ke

Featured post

SPOTIFY PREMIUM LEGAL MURAH HANYA 13K PER BULAN

Halo kawan alfatutorial..! Gimana puasa nya? Lancar kan?         Pertama, setelah saya sebelumnya telah membagikan tips mengenai cara berlan...

Powered by Blogger.

Live Traffic

Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Blog Archive