Sunday, 12 January 2020

Trafi : Aplikasi Panduan Transportasi Publik Jabodetabek

 Balik lagi sama admin nih kawan alfatutorial!
Gimana liburan tahun barunya? Seru gak? Ada yang dari kampung liburan ke ibu kota atau sekitar jabodetabek? Seru kan keliling-keliling tempat wisata di Jakarta. Kerennya lagi di jakarta itu kemana-kemana serba gampang karena terhubung oleh jaringan KRL dan Bus Transjakarta yang rutenya udah banyak banget. Admin aja waktu pertama kali naik Bus Transjakarta pusingnya minta ampun karena rutenya banyak banget, lebih banyak dari KRL.

Kali ini admin ingin bagi-bagi aplikasi khusus pemandu transportasi di Jakarta dan sekitarnya nih biar kamu gak bingung dan khawatir lagi saat coba-coba jalan-jalan di Jakarta.

Nama aplikasinya adalah Trafi. Kalian bisa download aplikasi ini di Playstore atau Appstore di smartphone kalian. Aplikasi ini sebenarnya bukan aplikasi resmi dari pihak manapun, baik Commuterline atau Transjakarta. Tapi di aplikasi ini ada semua loh. Mulai dari KRL, Transjakarta, Bus Wisata Jakarta, bahkan hingga angkot. Jadi lengkap deh pokoknya. Mungkin bagi para commuter yang sering bolak-balik naik KRL kalian memakai aplikasi KRL Access yang merupakan aplikasi resmi PT Commuterline Indonesia. Nah di Trafi ini semuanya jadi satu.

Tampilan beranda aplikasi Trafi

Fiturnya keren banget, nih beberapa fitur di Trafi yang menurut admin paling keren :

1. Pemandu transportasi segala moda dari satu titik ke titik tertentu

Jika google maps hanya menunjukkan arah dan jalan mana yang harus dilewati untuk sampai di suatu tujuan, Trafi ini lebih keren lagi temen-temen. Di Trafi, kita bisa mengetahui kita harus naik moda transportasi apa saja agar sampai di titik tujuan. Cara kerjanya, kita tinggal memasukan titik asal kita dan titik destinasi. Kemudian akan muncul beberapa alternatif pilihan terkait moda transportasi apa saja yang bisa kita gunakan untuk sampai di titik tujuan kita.

(klik gambar untuk memperbesar)

Sebagai contoh, di gambar di atas, admin memasukkan tujuan destinasi dari Stasiun Gambir ke Kota Tua.
  • Pada foto pertama di sebelah kiri, akan muncul pilihan, rute dengan moda transportasi yang berbeda. Kebetulan, pilihan pertama menggunakan Trans Jakarta dan pilihan kedua menggunakan KRL. Tapi bisa saja terdapat rute dengan campuran moda transportasi di dalamnya. 
  • Foto kedua sampai keempat menunjukkan rute perjalanan Bus Transjakarta di Map dan petunjuk halte mana dan bus transjakarta mana saja yang harus kita naiki
  • Foto kelima menunjukkan pilihan nomor Bus Transjakarta yang dapat kita naiki. Jadi untuk menuju halte Harmoni dari Halte Gambir 1, kita direkomendasikan untuk menaiki bus transjakarta nomor 2 karena tertera kedatangan nya setiap 6 menit sekali. Namun kita juga bisa naik transjakarta dengan pilihan di bawahnya seperti di gambar karena sama-sama akan sampai di Halte Harmoni.
2. Daftar rute bus TJ, KRL, serta angkot

Nah ini fitur kedua yang admin suka. Karena admin juga jarang banget naik Transjakarta, jadi admin awam banget tuh soal daerah halte dan nomor-nomor busnya. Kadang, sembari perjalanan ke suatu tempat, admin suka tuh baca rute-rute bus transjakarta yang diurutkan berdasarkan nomor busnya. Lengkap deh pokoknya. Kalian jadi tau ternyata jangkauannya lumayan luas loh. Dan mungkin kalian bisa menghapalkan nomor bus TJ yang mungkin sering kalian naiki.

Tampilan daftar rute Transjakarta berdasarkan nomor bus

Pokoknya keren deh, asal kita mengikuti petunjuk dari trafi dan jangan lupa untuk tetap memastikan halte jurusan dan nomor bus transjakarta dengan membaca papan petunjuk atau bertanya ke petugas, kita tidak akan tersesat dan sampai di tujuan dengan selamat. Dan pastinya, kita telah ikut membantu mengurangi polusi udara dan kemacetan di jakarta dengan menggunakan transportasi umum publik. Mantap kan?!


TAGS : #CaraNaikTransjakarta #Trafi #AplikasiPanduanTransportasi #CaraNaikKRL #CaraNaikBusdiJakarta
Share:

0 Comment:

Post a Comment

Anda Pengunjung Ke

Featured post

Spotify Premium Legal Harga Paling Murah

Spotify merupakan salah satu aplikasi music streaming yang cukup terkenal dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan khususnya di Ind...

Powered by Blogger.

Live Traffic

Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Blog Archive