Thursday, 17 October 2019

Kartu Debit Jenius : Kartu Debitnya Anak Muda



Halo kawan alfatutorial!

Pada kesempatan kali ini, admin akan bagi-bagi suatu informasi yang pastinya berkaitan dengan teknologi tapi kali ini bukan tentang software atau tutorial tertentu nih. Yap, kali ini admin akan bagi-bagi informasi tentang keuangan guys yang pastinya ada sangkut pautnya dengan kecanggihan teknologi zaman sekarang.

Admin akan sedikit merangkum dan membagikan informasi yang admin tahu mengenai JENIUS. Dilansir dari wikipedia, Jenius ini adalah suatu aplikasi perbankan digital yang bisa dibilang sudah modern dibanding aplikasi-aplikasi perbankan lain. Jadi jenius ini adalah suatu layanan perbankan modern yang diluncurkan oleh Bank Tabungan Pensiun Nasional (BTPN) dengan target pasar berupa kita-kita para millenial yang hidup di zaman serba canggih dan mudah ini. Ringkasnya, Jenius ini adalah suatu produk perbankan dari BTPN yang berupa pembukaan rekening bank namun lengkap dengan kartu dan aplikasi internet banking yang lebih canggih daripada bank lain nih guys. Kira2 apasih kelebihannya dibanding rekening dari bank lain?

Pertama, dari sisi kartu, Jenius akan memberikan kartu yang disebut m-card yang berupa kartu debit yang dilengkapi dengan sistem VISA atau GPN (Gerbang Pembayaran Nasional). Lalu apa bagusnya min si VISA ama GPN itu? Hebatnya VISA adalah, jadi kartu Debit Jeniusmu dapat berperan sebagai kartu kredit sehingga kita bisa menggunakannya untuk melakukan pembayaran atas transaksi online dari luar negeri yang biasanya tidak menerima pembayaran berupa transfer bank konvensional atau atas transaksi online dengan sistem subscription/berlangganan di mana setiap bulan kita akan ditagih dan akan langsung dipotong sejumlah nilai transaksinya.



Untungnya buat kita apa nih min? Nah untungnya buat millenial kaya kita-kita adalah, bagi kita yang tidak punya kartu kredit, kita bisa gunakan kartu debit jenius kita untuk melakukan transaksi yang memerlukan kartu kredit. Contohnya, pembayaran Spotify Premium, pembayaran Netflix, pembayaran suatu aplikasi di Google Playstore, dll. Nah dengan adanya kartu jenius, kalian yang ingin berlangganan netflix bisa menggunakan kartu jenius kalian yang mana nantinya tiap bulan, saldo rekening jenius kita akan dipotong sesuai jumlah biaya berlangganan.

Kemudian dari sisi aplikasinya, sejauh ini jenius memiliki aplikasi dengan interface yang cukup user friendly dan anak muda banget menurut saya. Dibandingkan dengan interface beberapa aplikasi e-banking/m-banking milik beberapa bank yang menurut saya memiliki desain yang agak kaku. Berbeda dengan aplikasi jenius yang terkesan ceria dengan warna-warna cerahnya serta tampilan icon-icon dan navigasi yang terlihat fresh.

Tampilan Beranda Aplikasi Jenius

Selain dari tampilan, fitur yang ditawarkan pun tidak kalah menarik. Aplikasi Jenius akan membuat kita mudah untuk mengelola keuangan kita dengan beragam fitur yang disediakan. Berikut adalah beberapa fitur di aplikasi jenius yang menurut saya cukup menarik :


1. Tambahan virtual card

Secara default, saat awal pendaftaran kita akand diberi 2 (dua) kartu, yaitu Kartu Debit fisik yang diberi nama M-Card, serta satu kartu virtual yang bernama E-Card. Karena berupa virtual card, E-Card tidak memiliki bentuk fisik, namun kita bisa mengisi saldo ke E-Card dan menggunakan nomor kartunya untuk melakukan transaksi. Tetapi, Jenius menyediakan opsi untuk menambah kartu debit tambahan yang bernama X-Card. Jadi selain M-Card sebagai kartu debit utama yang biasanya berwarna oranye, kita juga bisa meminta untuk dikirimkan kartu debit tambahan. Mungkin dari kalian ada yang bertanya-tanya, untuk apa kita meminta kartu lagi?
Jadi, kartu tambahan yang kita minta bisa kita jadikan kartu kedua kita. Jadi misal kita ingin membatasi pengeluaran untuk nongkrong di kafe dengan cara kita hanya membawa kartu debit tambahan kita yang sudah kita top up saldonya dari kartu utama (m-card) dengan jumlah tertentu. Sehingga tidak akan mengambil saldo dari rekening utama. Bisa juga kartu tambahan tersebut kalian berikan kepada anak kalian bagi yang sudah memiliki anak untuk keperluannya sehari-hari.

 Tampilan Card Center - Daftar Kartu Jenius kita yang aktif akan ditampilkan di sini

Tampilan ketika kita ingin menambah kartu tambahan


2. Save It!

Nah fitur kedua yang tidak kalah menarik adalah fitur Save it. Jadi jenius menyediakan fitur untuk menabung. Sehingga, saldo yang sudah kita top up ke bagian Save it, tidak akan tampak di total saldo rekening di halaman awal, karena hanya akan muncul jika kita mengklik Total Saldo. Sehingga bisa membuat kita fokus untuk menabung. Fitur Save it Jenius ini tersedia dalam 3 pilihan :
-          Flexi Saver
Opsi pertama ini adalah fitur menabung dengan bunga 5% per tahun, namun saldo di rekening Flexi Saver ini tetap bisa kita tarik kapanpun apabila kita butuhkan
-          Dream Saver
Opsi kedua ini disediakan Jenius bagi kalian yang berniat menabung untuk membeli suatu barang atau apapun, yang mana di awal akan ditentukan kira-kira berapa jumlah uang yang harus kalian tabung setiap bulannya, karena di opsi kedua ini juga saldo akan otomatis masuk ke rekening dream saver dari rekening utama (M-Card) setiap periode yang ditentukan. Pada Dream saver, tabungan kita juga akan berbunga sebesar 5% setiap tahun.
-          Maxi Saver
Opsi terakhir ini adalah mirip seperti deposito di bank. Dengan minimal saldo untuk menabung sebesar 10 juta rupiah, dan akan mendapatkan bunga sampai 6,5%.

Tampilan Menu Save it
3. $Cashtag

            Fitur ketiga yang gak kalah menarik adalah Cashtag! Jenius tahu banget bahwa nomor rekening yang Panjang dan sulit dihapal merupakan suatu kelemahan dari sistem bank lain. Maka dari itu, di jenius kita bisa mengatur yang Namanya Cashtag atau User ID Rekening kita. Hal ini akan memudahkan kita untuk mengirim/transfer uang ke rekening jenius lain karena kita tidak perlu repot-repot menulis nomor rekening tujuan yang panjang, kita hanya perlu menulis cashtag yang mirip username. Tentunya cashtag ini hanya bisa kita gunakan antar rekening jenius. Cashtag akan diawali oleh symbol dollar $, contoh cashtag admin adalah $alfatutorial.

 Tampilan menu profile kita, berisi nomor rekening dan id $Cashtag
4. Mata Uang Luar Negeri

            Fitur ke-4 yang mungkin akan menarik perhatian kita-kita adalah fitur mata uang luar negeri. Mungkin ada beberapa dari kalian yang suka menabung Dolar atau juga ada yang trading valuta asing (valas) untuk melakukan jual beli mata uang asing. Nah di jenius juga tidak kalah menarik, di mana kita bisa menyimpan uang kita dalam bentuk mata uang asing. Pastinya akan terjadi perubahan jumlah uang ketika kita mengubah uang kita dari rupiah menuju mata uang asing. Jenius menyediakan beberapa pilihan mata uang asing : USD, Poundstreling, Yuan, Singapore Dollar.

Tampilan pilihan untuk menabung dalam mata uang asing


5. Bayar & Top Up Transaksi Online Tanpa Ribet

Aplikasi jenius juga pastinya menyediakan fitur untuk melakukan transaksi pembayaran dan topup e-wallet dengan mudah. Di dalam jenius, kita bisa melakukan pembayaran beberapa layanan seperti pembelian pulsa, pembayaran listrik, tiket kereta dll. Selain itu, kita juga bisa melakukan top-up e-wallet kita seperti Gopay, Ovo, Dana, M-Tix dll. Pastinya mudah dan praktis banget untuk dipakai. Transaksi di jenius pun tidak memerlukan token yang harus dikirim melalui sms ke nomor kita atau melalui alat khusus. Transaksi di Jenius hanya memerlukan password/sandi akun jenius kita.




Nah beberapa hal di atas merupakan fitur-fitur yang menurut admin cukup menarik disbanding layanan bank-bank lainnya. Gimana jadi tertarik daftar jenius? Kalau kalian tertarik, tinggal datangi booth-booth jenius yang baiasanya ada di mall-mall tertentu. Kalian bisa daftar Jenius tanpa harus membayar sepeserpun alias gratis. Kalian juga bisa langsung mendapatkan kartu Debit Jenius pada saat mendaftar.

Kalian juga bisa mengunjungi link website resmi Jenius untuk mencari tahu informasi lebih lanjut mengenai Jenius


TAGS :
#Jenius #BTPN #JeniusCard #KartuDebitJenius

Share:

0 Comment:

Post a Comment

Anda Pengunjung Ke

Featured post

Spotify Premium Legal Harga Paling Murah

Spotify merupakan salah satu aplikasi music streaming yang cukup terkenal dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan khususnya di Ind...

Powered by Blogger.

Live Traffic

Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Blog Archive